Langsung ke konten utama

Mengenal Jenis Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengenal Jenis-Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Badan sakit setelah olahraga atau beraktivitas memang paling enak diatasi dengan pijat. Tekanan yang diberikan saat pijat dapat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang sehingga badan jadi lebih rileks. Namun ternyata, beda jenis pijat beda pula manfaatnya, lho!


Mengenal Jenis Jenis Pijat dan Manfaatnya untuk Kesehatan


Beragam jenis pijat dan manfaatnya untuk kesehatan

Berikut beberapa jenis pijat serta manfaat yang dapat diperoleh:

1. Pijat Swedia

Bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba dipijat atau mengalami nyeri tubuh ringan, maka jenis pijat ini cocok untuk Anda. Terapi pijat asal Swedia ini dilakukan dengan menggunakan teknik memijat panjang, gerakan melingkar, getaran, sampai menekan sendi dan seluruh bagian tubuh.

Jenis pijat paling populer ini bermanfaat untuk membantu mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang dan mempercepat pemulihan cedera. Sebelum memulai pemijatan, terapis biasanya akan meminta Anda untuk melepaskan baju terlebih dahulu, lalu menutup bagian tubuh Anda dengan kain.

2. Pijat aromaterapi

Pijat aromaterapi sebetulnya merupakan versi lain dari pijat Swedia. Sama seperti namanya, jenis pijat ini menggunakan minyak beraroma, atau yang disebut juga minyak esensial, untuk dibalurkan ke tubuh selama dipijat.

Minyak esensial yang digunakan dapat membuat tubuh jadi semakin rileks, bahkan diyakini bermanfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Minyak lavender, misalnya, dipercaya dapat membuat tidur jadi lebih nyenyak sekaligus meringankan gejala PMS.

Selain dibalurkan ke tubuh, Anda dapat menghirup wangi minyak esensial dengan bantuan diffuser yang biasanya disediakan dalam ruangan spa atau pijat. Jenis pijat ini biasanya membutuhkan waktu 60 sampai 90 menit tiap sesi.

3. Pijat batu panas (hot stone massage)

Hot stone massage alias pijat batu panas sangat cocok untuk Anda yang mengalami nyeri otot hebat di sekujur tubuh. Suhu panas batu dapat membantu meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot.

Batu panas ini ternyata tidak hanya ditempelkan pada bagian tubuh yang nyeri saja. Pasalnya, terapisnya pun akan memijat tubuh Anda sambil menggenggam batu panas tersebut. Dengan begitu, suhu panasnya akan menjalar ke seluruh tubuh Anda secara maksimal.

Bagi Anda yang ingin melakukan pijat ini namun punya diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, atau varises, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda.

4. Pijat jaringan dalam (deep tissue massage)

Dibandingkan pijat Swedia, pijat jaringan dalam atau deep tissue massage cenderung menggunakan lebih banyak tekanan pada tubuh. Itulah mengapa, pijat ini sangat cocok bagi Anda yang mengalami masalah otot kronis seperti nyeri otot, cedera, carpal tunnel syndrome, osteoporosis, hingga masalah postur tubuh.

Teknik pemijatan akan dilakukan secara perlahan dan lebih dalam hingga menyentuh lapisan terdalam otot dan jaringan ikat. Tenang, cara ini tergolong aman dan tidak akan membuat Anda kesakitan saat dipijat.

5. Pijat shiatsu

Beda dengan jenis pijat lainnya, pijat shiatsu dilakukan dengan menggunakan jari jemari, tangan, atau siku untuk memijat. Cara ini dilakukan untuk menstimulasi titik-titik akupresur pada tubuh, tujuannya untuk meningkatkan aliran energi dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Jenis pijat yang satu ini dipercaya dapat membantu mengurangi stres dan melindungi Anda dari berbagai masalah kesehatan, seperti arthritis, insomnia, nyeri punggung dan leher, sakit panggul, dan sinus. Anda bahkan tak perlu melepas pakaian selama melakukan pijat shiatsu.

6. Pijat Thai

Pijat Thai adalah perpaduan unik antara terapi pijat dan yoga untuk memberikan tekanan di sepanjang garis energi tubuh. Selama pijat Thai, Anda akan melakukan berbagai posisi pijat bersama dengan terapis.

Anda mungkin akan diminta untuk duduk, membungkuk, miring ke kanan atau ke kiri, membusungkan dada, dan posisi peregangan lainnya selama dipijat. Cara ini dapat mengurangi kekakuan otot dan nyeri punggung, bahkan telah terbukti dapat mengobati masalah keseimbangan dan gejala migrain.

7. Pijat prenatal

Pijat saat hamil boleh saja dilakukan, namun dengan catatan hanya boleh dilakukan oleh terapis khusus yang memiliki lisensi pijat prenatal. Jenis pijat ini dapat membantu meringankan nyeri tubuh, ketegangan otot, kaki bengkak, sampai mengurangi stress saat  hamil.

Tekanan yang diberikan cenderung lembut dan mirip dengan pijat Swedia, jadi Anda tak perlu cemas dan takut hal ini akan membahayakan bayi Anda. Terapis biasanya akan fokus pada punggung bawah, pinggul, dan kaki yang sering pegal-pegal saat hamil. Meski begitu, tetap konsultasikan dulu dengan dokter kandungan Anda sebelum memutuskan untuk pijat prenatal.


Baca Juga : Foto terapis Massage

Postingan populer dari blog ini

Daftar harga pijat panggilan bandung

Daftar harga pijat panggilan bandung Anda sedang mencari tempat pijat panggilan bandung kota bandung jawa barat yang profesional, tempat pijat eksklusif di bandung terdekat dari lokasi anda ? disini tempatnya, dengan tenaga terapis wanita. Selamat datang di layanan jasa pijat panggilan bandung, atas permintaan banyak custamer dan pelanggan setia kami untuk membuka jasa massage, SPA, pijat panggilan bandung, kini hadir di Bandung, Kota Bandung Jawa Barat. Tarif Terapis Wanita Panggilan Pijat Di Bandung 1 Jam pijat refleksi, pijat tradisional, pijat capek 200.000 1,5 Jam pijat refleksi, pijat tradisional, pijat capek 250.000 2 Jam pijat refleksi, pijat tradisional, pijat capek 300.000 Manfaat Pijat Panggilan Bandung Dari zaman dahulu sampai saat ini, terapi pijat selalu menjadi pilihan utama untuk menjaga kesehatan / menyembuhkan fungsi tubuh yang lagi bermasalah. Tidak jarang ada bahkan banyak orang yang merasa kecanduan akan nikmatnya pijat, SPA, massage dan mereka selalu melakukan ter

Harga Pijat Surabaya Panggilan 24 Jam

Harga Pijat Surabaya Panggilan 24 Jam Terapis Wanita Pria Harga pijat surabaya / tarif booking terapis spa, massage surabaya harus sebanding dengan kulitas dan pelayanan jasa pijat online 24 jam, oleh karenanya Massagesurabaya sediakan para terapis yang handal menguasai berbagai teknik memijat dari mulai tradisional hingga terbaru. Dan berikut adalah kriteria terapis Layanan Jasa Spa Massage atau Pijat Panggilan Surabaya 24 Jam Kami sajikan untuk anda : Terapis Pria dan Wanita yang Cantik, Ganteng, Bersih, Harum, Sopan, Ramah, Berpengalaman, Profesional serta Bisa menyesuaikan pijat sesuai keinginan anda. Therapis Wanita STW yang Menarik, Bersih, Harum, Sopan, Ramah, Berpengalaman, Profesional, Bisa menyesuaikan pijat sesuai keinginan anda. Terapiis Tua yang Tenaga kuat, Bersih, Harum, Sopan, Ramah, Berpengalaman, Profesional, Bisa menyesuaikan pijat sesuai keinginan anda.   Tarif Terapis Wanita Panggilan Pijat Surabaya 1 Jam pijat refleksi, pijat tradisional, pijat capek 200.000 1,5 J

6 Manfaat Pijat Refleksi bagi Kesehatan

1. Melancarkan Peredaran Darah Gerakan dalam pijat refleksi mampu membuka simpul pada pembuluh darah, sehingga pembuluh darah nadi dan vena bisa bekerja lebih optimal dalam mengalirkan darah. Selain itu, manfaatnya adalah berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan karena peredaran darah yang tidak lancar dapat disembuhkan. 2. Membantu Mengurangi Gejala Penyakit Tertentu Seorang refleksologi asal Inggris, Rosanna Bickerton mengatakan kalau pijat refleksi mampu mengurangi gejala penyakit tertentu. Cara terapi yang ada sejak 4.000 tahun lalu di China ini merupakan sebuah pengobatan dan pencegahan yang paling kuat. Terapi ini membantu meringankan gejala beberapa penyakit ringan, seperti sakit kepala, nyeri punggung, atau masalah pada pencernaan. Khusus untuk gangguan kesehatan yang terbilang cukup berat, seperti multiple sclerosis dan Parkinson, terapi pijat membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit, bukan menyembuhkannya. 3. Membantu Mengurangi Stres Meski hanya berfokus pada bagian tela